0
Dikirim pada 13 Juli 2010 di Online Business Tutorial

Saat mau menulis artikel ini, saya teringat pernyataan om bob sadino yang nyentrik, yang kira-kira menyuruh kita untuk tidak berpikir dan terlalu banyak berteori. Saya pun segera googling untuk mencari kata-kata yang tepat apa yang diucapkan om Bob, saya malah menemukan sebuah ulasan mengenai Buku om Bob yang berjudul "Belajar Goblok dari Bob Sadino"

“Orang lupa apa makna dari manajemen. Manajemen itu sesungguhnya adalah memanfaatkan kemampuan orang lain untuk mencapai sesuatu. Saya menggunakan itu.”

Biasanya yang kita tahu, tujuan belajar adalah supaya pintar. Namun belajar yang kali ini beda. Belajar Goblok Dari Bob Sadino. Kenapa kita harus belajar goblok? Menurut Om Bob, jika mau jadi pengusaha, jangan terlalu banyak berpikir dan berencana seperti orang ‘pintar’. Tapi segera memulai, lakukan saja, just do it, layaknya orang ‘goblok’.

Buku kedua dari Bob Sadino ini layak dibaca. Sebab dalam buku ini Om Bob membagi ilmunya, bukan hanya ilmu tentang wirausaha, namun juga ilmu tentang kehidupan. Bagaimana memahami dan menemukan kebijaksaan dari hidup juga dijelaskan dalam buku ini.

“Buat apa saya punya rencana paling hebat? Padahal Tuhanlah yang menentukan segalanya. Dialah master planner saya.”

Mungkin ternyata itupun saya rasakan sejak memulai terjun berwirausaha. Sebelum saya menjadi seorang wirausahawan saya adalah seorang karyawan dari salah satu perusahaan besar di Indonesia. Selama disana saya memiliki rencana-rencana yang hebat untuk masa depan saya namun minim action alias No Action Talk Only.  Tapi Allah SWT punya rencana lain buat saya, sebelumnya enak memiliki penghasilan tetap, tapi setelah mengundurkan diri karena ajakan teman dengan janji-janji palsunya akhirnya sayapun mengundurkan diri dengan sukses dan sayapun sadar telah dibohongi, karena janji-janji perkerjaan dengan penghasilan besar itupun hanya sebuah mimpi.

Tapi Allah SWT memang master planner saya. Ternyata janji teman untuk mengelola sebuah perusahaan itupun hanya sebuah omong kosong, Uang Ribuan Dollar yang pernah dia tunjukkan ke saya sebagai modal awal ternyata bukan miliknya, entah itu palsu atau asli, setelah saya keluar dan menagih janji ternyata bisnis itu hanya bernilai 2 juta rupiah saja, dan menjalankan konter pulsa di dekat salah satu Universitas Swasta di Bandung ( Baca: Universitas Widyatama) dengan pendapatan 5000 perhari (cukup buat apa ya?) dan hanya bertahan 3 bulan teman saya sepertinya menyerah dan  uang ribuan dollarnya yang dia bangga-bangakan dan ditunjukkan secara langsung raib entah kemana dengan bumbu cerita yang fantastis, cerita mengenai janji dukungan modal dari banyak pihak telah berganti cerita dengan cerita pahit yang dia ceritakan secara berlebihan (saya sekarang sadar setelah membaca buku mengenai tipe-tipe kepribadian, dia cocok sekali sebagai seorang Sanguin dia memang hebat memiliki ide-ide brilian dan pintar berkomunikasi namun kekukarangannya yang akut yaitu dalam menceritakan berbagai hal kecil seorang sanguin bisa bercerita secara berlebihan dan cenderung berbohong). Namun apa mau dikata, dalam pikiran saya nasi telah jadi bubur dan saya harus tetap berpenghasilan untuk menafkahi keluarga, bukan lagi penghasilan tetap. Tapi lihat sisi baiknya, mungkin karena dia saya bisa mengenal dunia bisnis secara langsung dan Allah SWT memang punya rencana terbaik buat saya, jadi hal itu sebagai batu loncatan untuk memulai sebuah usaha.

Selama menganggur 50 lebih lamaran saya ke perusahaan di tolak pada setiap akhir sesi Interview. Rencana Allah SWT memang unik dan kalau di teliti dan ditelaah apa yang saya rasakan ternyata semuanya saling terrkoneksi dan berkesinambungan sehingga saya sering mengalami sesuatu yang menurut saya patut disyukuri, seperti misalkan terjadi sesuatu karena kehendak Allah, saya pun jadi sering berpikir "oooh ini ternyata jalannya kesini."  Hanya sebagai renungan saja mengenai “Buat apa saya punya rencana paling hebat? Padahal Tuhanlah yang menentukan segalanya. Dialah master planner saya.”  yang juga mungkin saya rasakan. Baca artikel saya mengenai perjalanan bisnis Jadilah Pengusaha Walaupun Keluarga Tidak Merestui...

Pernyataan "Biasanya yang kita tahu, tujuan belajar adalah supaya pintar. Namun belajar yang kali ini beda. Belajar Goblok Dari Bob Sadino. Kenapa kita harus belajar goblok? Menurut Om Bob, jika mau jadi pengusaha, jangan terlalu banyak berpikir dan berencana seperti orang ‘pintar’. Tapi segera memulai, lakukan saja, just do it, layaknya orang ‘goblok’."

Sepertinya cocok dalam memulai memproduksi sebuah produk. Itupun saya rasakan selama berwirausaha. Produk-produk dengan rencana matang tidak ada yang berhasil di eksekusi untuk di produksi, karena terlalu lama berencana dan diduluin orang lain. Dan ide-ide yang dieksekusi tanpa berpikir panjang Alhamdulillah selalu menjadi pitu rizky yang saya rasakan. Tapi memang tidak semudah mebalikkan telapak tangan. Memang membutuhkan berbagai proses dan trial error, tapi perbaikan-perbaikan mengenai specifikasi produk muncul setelah banyaknya complain-complain dari costumer, ya itulah yang saya rasakan. Tapi dalam hal pemasaran produk saya tidak pernah lepas dari Website yang saya kelola www.zahrah-eshop.com, yang juga tidak pernah saya rencanakan sebelumnya memiliki dan mengelola website karena saya hanya seorang sarjana ekonomi yang tidak pernah sekolah mengenai komputer dan informatika. Website dengan kunjungan yang lumayan 3000 unique hits perbulan dengan omzet rata-rata di atas 500.000-1000.000 per hari dan costumer dari 25 - 30 kota, hanya dari website saja. Ya semua itu tidak lepas dari campur tangan langsung Allah SWT, seperti tiba-tiba media massa dari televisi lokal dan tabloid peluang usaha yang menawarkan interview serta ulasan mengenai bisnis sajadah anak.  Baca tabloid Peluang Usaha edisi 18 - Th V 12 - 25 Mei 2010.

“Orang lupa apa makna dari manajemen. Manajemen itu sesungguhnya adalah memanfaatkan kemampuan orang lain untuk mencapai sesuatu. Saya menggunakan itu.”

Saya pun memanfaatkan kemampuan orang lain untuk membuat sebuah produk. Orang lain yang memiliki mesin jahit alias makloon dengan membuat produk sesuai keinginan saya, karena saya tidak punya mesin jahit ;).

Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi dan renungan. Amiiin..

 

 



Dikirim pada 13 Juli 2010 di Online Business Tutorial
comments powered by Disqus
Profile

Entrepreneur, Designer & Developer at rukoweb.com Hire Me! widy.jantiko@rukoweb.com, 083821919394, pin BB 27B6815F More About me

Page
Bookmarking & Sharing Service
Advertisement

Donasi Mukena
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 309.472 kali


connect with ABATASA